Friday 17 June 2016

Mengatasi Pengaruh Pertumbuhan Penduduk bagi Keseimbangan Alam

21:27

JS-Setiap tahun, bulan, hari, jumlah penduduk di Indonesia kita ini selalu bertambah. Tak perduli berapa banyak orang yang meninggal dunia, jumlah penduduk negeri ini selalu bertambah. Lalu apakah itu semua baik - baik saja? Jawabannya, tentu saja tidak. Jika kita melihat contoh siklus rantai makanan, dimana  jika terdapat kelebihan/kekurangan pada satu tingkatan maka akan terjadi ketidakseimbangan. Kita semua tahu bahwa keseimbangan alam saja dapat tergoyahkan jika suatu tingkatan hewan mengalami kelebihan populasi, ini didasarkan pada perbandingan jumlah populasi hewan lain. Maka baik hewan atau tumbuhan lain akan mengalami penurunan jumlah populasi atau bahkan kepunahan.

Lalu bagaimana jika Indonesia mengalami ledakan penduduk? Apa saja dampaknya bagi lingkungan dan alam Indonesia kita ini?. Terdapat banyak dampak yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.Diantaranya :

  • Indonesia semakin panas karena hutan tergantikan oleh perumahan

Saat ini kebutuhan akan permuahan terus meningkat, akan tetapi luas lahan di Indonesia tidaklah bertambah.Akibatnya hutanlah yang harus digantikan, padahal hutan inilah tempat berbagai sumber kehidupan, juga merupakan paru - paru dunia. Pada akhirnya terjadilah peristiwa rumah kaca. ( BACA : Udara menipis dan efek rumah kaca )

  • Jumlah ketersediaan kebutuhan semakin terbatas

Semakin banyak penduduk maka semakin banyak pula jumlah kebutuhan akan sandang, pangan, papan semakin meningkat. Dan semua itu didapatkan dari hasil eksploitasi alam, jika terus dibiarkan maka alam kita akan kehabisan ketersediaannya.

  • Bencana mulai berdatangan

Kelebihan penduduk serta kurangnya lapangan pekerjaan menimbulkan banyak pengangguran. Tidak sedikit diantaranya yang seenaknya sendiri merusak hutan demi mendapatkan uang. Tentu saja hutan yang rusak dapat menimbulkan berbagai bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, kelangkaan sumber air bersih, dsb.

  • Polusi terjadi dimana - mana

Umumnya ini terjadi di kota - kota besar, adanya urbanisasi menyebabkan terjadinya pemusatan jumlah penduduk pada daerah tertentu yang dapat mengganggu ketertiban dan kebersihan kota tersebut. Mulai dari air, udara, bahkan tanah semuanya telah tercemar dan pada akhirnya menghacurkan ekosistem yang ada. Karena hal inilah, mengapa jarang ditemui hewan - hewan di wilayah perkotaan.

***

Ya itu hanya sebagian diantaranya, tapi bagaimanapun juga populasi penduduk yang tidak terkontrol ini adalah sebuah gergaji mesin bagi pepohonan. Pelahan - lahan tapi menghancurkan keseimbangan alam Indonesia.

Lalu adakah solusi untuk mengatasi permasalahan diatas?. Ya ada, dengan memfokuskan bahwa masalah utamanya adalah pertumbuhan penduduk yang tak terkendali, maka pemecahannya juga terfokus pada masalah tersebut.

  • Membatasi jumlah angka kelahiran
Mewajibkan program "dua anak cukup" melalui program KB (Keluarga Berencana),dan ini masih lebih ringan dibanding negara tirai bambu yang hanya membolehkan satu anak saja. Tapi ini belum cukup, karena warga Indoesia itu nakal. maka solusi baru diciptakan diantaranya :

1.     Menghilangkan berbagai acara TV yang tidak mendidik. Dewasa ini sinetron yang bertemakan "cinta" telah menanamkan mindset bahwa cinta diatas segalanya. Ini menyebabkan banyak pemuda yang lupa bahwa dunia bukan tentang cinta semata, melainkan proses menuju keberhasilan. Karena faktor ini jugalah yang mengakibatkan rusaknya pendidikan di Indonesia, karena mereka lupa memikirkan masa depan dan 'terhayut dengan "cinta". Lalu dimana hubungannya? yaitu terletak pada "masa depan". Tanpa masa depan menjanjikan timbulah pengangguran dan kembali ke pembahasan diatas.
2.     Mengadakan berbagai penyuluhan demi menyadarkan masyarakat (khususnya pemuda ) akan pentingnya permasalahan ini.
3.     Memberantas kemiskinan, dengan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan 
4.     Memblokir situs - situs pornografi
5.     Membatasi usia pernikahan
  • Melakukan Transmigrasi
Ini dimaksudkan agar dampak yang lebih buruk akibat pemadatan penduduk dapat dihindarkan. Sekaligus memberikan kesempatan berwirausaha lebih luas. Data penyebaran penduduk dapat anda lihat pada ilustrasi di bawah ini. (Baca : Data Jumlah Penduduk )

  • Melakukan pembangunan
Membangun kembali (merenovasi) gedung sekolah yang rusak dan membangun gedung sekolah baru, serta mengadakan berbagai beasiswa demi mengurangi angka anak tidak berpendidik di Indonesia. 

Tetapi, setelah mereka lulus mereka harus mencari pekerjaan,bukan? Karena itu pembangunan lapangan pekerjaan baru baik dari para wirausaha ataupun perusahaan dalam negeri perlu dilakukan, demi mengurangi angka pengangguran


Dan terakhir, membangun sistim hutan lindung, pelaksanaan reboisasi,serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan bekerja sama dengan lembaga - lembaga pelindung alam. Baik bersifat pemerintahan atau swasta.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Advertisements!

Advertisements!
Hoejan

 

© 2013 JUST SHARED 4U. All rights resevered. Designed by Templateism | Blogger Templates

Back To Top