Wednesday 9 October 2013

Black hole-lubang angkasa

18:00

Apa itu black hole? semua tau kalau blackhole itu merupakan lubang besar yang ada di angkasa dengan kekuatan gravitasi yang sangat besar sehingga dijuluki monster gravitasi.sehingga tidak ada apapun yang dapat lepas darinya termasuk cahaya.blackhole ini seperti sebuah lubang luar angkasa.seperti sebuah lubang pada selembar kertas.

Mungkin saja dimensi ruang dan waktu itu tertutup oleh angkasa,dan bisa di gapai dengan blackhole.Blackjole itu muncul ketika sebuah bintang dengan massa yang tinggi tidak sanggup lagi menahan kekuatan gravitasinya maka ia akan meledak dan menjadi sebuah lubang hitam.Mungkin blackhole itu terjadi karena gravitasi super dari bintang tadi menarik sisi angkasa ditambah ledakan super mengakibatkan dinding luar angkasa berlubang.Contohnya bintang ini,jika meledak sama seperti petasan pada selembar kertas yang meledak.Ditambah kekuatan gravitasi yang besar terjadilah peristiwa pembentukan blackgole.



Menurut para ilmuan semakin dekat kita dengan lubang hitam maka semakin lambat waktu berjalan.Dan layaknya lubang cacing.Lubang cacing juga seperti blackhole tetapi sangat kecil.Tetapi ia dapat memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain,itu karena terjadi pelekukan ruang.Dengan kata lain mungkin black hole dapat berlaku demikian.Karena di dalam sana terjadi distorsi ruang dan waktu.

Semua tau Doraemon?pintu kemana saja doraemon bisa saja ada jika manusia mampu menciptakan blackhole ukuran kecil dan tidak memiliki gravitasi yang tinggi.Tapi sepertinya tidak mungkin,karena black hole adalah monster gravitasi dan itu sudah sifatnya.Setiap benda yang masuk ke dalam akan hancur dan menyatu dengan black hole serta membuat black hole semakin besar,itu semua karena gravitasi yang sangat besar yang ditinggalkan oleh bintang yang meledak tadi.

Black hole juga dapat bertmbah besar dengan menghisap gas-gas dan partikel lainnya.black hole juga dapat bertambah besar jika bergabung dengan black hole lain.

Seperti black hole satu ini: 


 Black hole ini terletak di galaxy M87.dia memiliki massa 6,8 milyar massa matahari.Wow.. dia juga mampu menelan seluruh tata surya kita,tapi untung jaraknya sangat jauh.galaxy M87 terletak 50juta tahun cahaya.Berarti gambar itu merupakan gambar 50 juta tahun lalu,terus kalau sekarang?

Mungkin sudah jauh lebih besar dari itu,ilmuan memperkirakan itu merupakan ratusan black hole bergabung,tapi itu gambar 50 juta tahun lalu,sekarang tentunya sudah lain.

Kesimpulannya lubang hitam itu seperti lubang pada dinding dan memiliki daya sedot tinggi yang didalamnya terjadi distorsi ruang dan waktu.

SEKIAN

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

4 comments:

  1. mantap gan artikelnya :) ijin nyimak aja yakk.. jangan lupa terus ditingkatin blognya agar lebih berkualitas dan berkembang,. monggo komenback => belajarseoawal.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. itu dari kepla sendiri lho bukan copas =D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Advertisements!

Advertisements!
Hoejan

 

© 2013 JUST SHARED 4U. All rights resevered. Designed by Templateism | Blogger Templates

Back To Top